Antara Khayalan Dan kenyataan Dalam Hidup Menuju Kehidupan

Jumat, 04 September 2009

Kutipan Singkat Jejak Islam di Maluku


Selain Moloku Kieraha, di Maluku ini juga dikenal empat kerajaan yang dikenal sebagai Jazirotul Muluk yang berada di wilayah empat pulau sentral kepulauan maluku, yakni Seram, Saparua, Haruku dan Ambon.


Namun, masing – masing pulau sentral sendiri memiliki kerajaan – kerajaan Islam kecil dengan luas wilayah yang hampir sama dengan sebuah kecamatan di Pulau Jawa. Berdasarkan aspek historis asal usul suatu daerah di Maluku, wilayah kerajaan Islam tersebut disebut Negeri, yang setingkat dengan Desa atau Kelurahan. Kepala Negeri adalah Raja, yang merupakan keturunan dari raja-raja terdahulu.


Keempat pulau sentral memiliki pusat peradaban Islam, dimana salahsatu dari kerajaan tersebut berkembang menjadi Negeri dan tetap mewarisi adat – budaya dan peradaban Islam masa lalu. Kerajaan-kerajaan kecil yang bermukim di seantero Jazirotul Muluk terhimpun dalam kelompok kerajaan Islam yang memiliki nama tersendiri:
Kerajaan Islam Hitu berada di Pulau Ambon, dengan pusat peradaban Islam di Hila.
Kerajaan Islam Alaka berada di Pulau Haruku, dengan pusat peradaban Islam berada di Kailolo.
Kerajaan Islam Hoamoal berada di Pulau Seram, dengan pusat peradaban Islam di Sepa.
Terakhir adalah kerajaan Islam Amaiha berada di Pulau Saparua, dengan pusat peradaban Islam di Negeri Siri Sori.


Khusus kerajaan-kerajaan Islam di jazirah Maluku Tenggara memiliki nama tersendiri, yakni Negeri Ambon Lease, yang meliputi Saparua, Banda dan Tual. Karena dahulu ketiga wilayah tersebut merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Islam Amaiha.
posted by Mhyron Thapshec at 05.43

1 Comments:

bos,,,,,klu nulis tntang sejarah kerajaan islam di maluku harus peker referensi yang kuat, jangan cuma asal nulis trus di posting aja,,

sejarah islam di maluku sendiri hanya lewat TUTUR (Sejarah Tutur/Bicara) yang di tutur turun temurun,,,,

9 September 2011 pukul 08.28  

Posting Komentar

<< Home